Tata Upacara Ijab Kabul Budbahasa Jawa Oleh Neri Wedding Dan Event Organizer
Logo PT. Neri Jaya Anugrah |
Tata upacara ijab kabul bagi pasangan pengantin dan keluarga dalam melaksanakan acara ijab kabul yaitu suatu runtutan program yang akan digelar oleh keluarga mempelai berdua dan untuk mendukung kelancaran dan ketertiban pelaksanaan program tersebut biasanya dibentuk suatu panitia kecil oleh Wedding Organizer yang ditunjuk oleh pihak keluarga untuk mengatur jalannya pelaksanaan tata upacara akad nikah tersebut.
Berikut adalah susunan perincian pelaksanaan upacara ijab kabul Adat Jawa yang biasa dilaksanakan atau dikerjakan oleh NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.
Adeg Terop |
1. Pelaksanaan Adeg Terop dan Kirim Doa
Biasanya dilakukan pada pagi hari setelah hari pemasangan terop ditentukan dengan persiapan pemasangan tenda pihak keluarga menyiapkan syukuran adeg terop membuat atau memesan Tumpeng dan Uborampenya dan vendor tenda sudah di lokasi beserta para crew tenda untuk pemasangan.
Persiapan pengajian dan kirim doa oleh para jamaah yang diundang hadir dipimpin oleh Ustad yang ditunjuk. Untuk itu dipersiapkan pula Sound system, dingklik, karpet dan tidak lupa konsumsi berupa jajanan dan nasi kotak untuk dibawa pulang oleh para jamaah.
Pada malam harinya dipersiapkan untuk mendekor acara siraman dan tuwuhan juga mendekor kamar pengantin yang dilakukan oleh vendor dekor NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.
Siraman Icha |
2. Pelaksanaan Siraman Pengantin Putri
Untuk pelaksanaan program siraman pengantin putri biasa dilakukan pada sore hari, sebelum melaksanakan siraman calon mempelai putri mohon doa restu kepada kedua orang tua, calon mempelai putri melaksanakan sungkeman yang sebelumnya memperlihatkan kata2 permohonan maaf kepada orang renta.
Sebelum acara siraman pengantin putri dimulai kedua orang bau tanah mengambil air siraman sebagai syarat saja untuk dikirimkan ke pihak pengantin laki-laki yang air itu juga biasanya dipakai adonan untuk siraman bagi pihak pengantin laki-laki.
Selanjutnya acara siraman dimulai, para sesepuh yang terlibat dalam siraman yakni yang masih lengkap (suami - istri) atau sesepuh yang menjadi panutan keluarga.
Setelah acara siraman simpulan orangtua mempelai putri memecahkan kendil selanjutnya dilanjutkan tanem rekmo oleh Bapak dari mempelai putri dengan memotong sedikit rambut calon mempelai putri selanjutnya ditanam ditempat yang telah disediakan, sehabis usai calon mempelai putri dibopong Bapaknya menuju kamar mandi untuk ganti baju dipandu oleh perias vendor NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER -Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.
Sambil menunggu calon pengantn putri mempersiapkan diri Orang renta calon mempelai putri melakukan program Dodol Dawet.
Setelah calon pengantin putri iap dilanjutkan program Tumpeng Robyong dan pembacaan doa pengantin dilanjutkan dengan program ramah tamah.
Untuk acara selanjutnya yakni Midodareni dimana calon pengantin putri masih mendapatkan tamu seruan biasanya ialah teman2 dari calon pengantin putri mereka beramah tamah dan bercengkrama dengan calon mempelai putri sampai dengan tengah malam.
Akhad Nikah Dede Cindy |
3. Pelaksanaan Akhad Nikah
Setelah menentukan hari dan tanggal program akhad nikah biasanya dilakukan sehabis acara malam midodareni lemaren malamnya, pagi harinya dipersiapkan program Akhad nikah yang dimulai dengan persiapan calon pengantin dirias oleh perias vendor dari NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.
Mempersiapkan akomodasi kendaraan dan memastikan para petugas dari KUA dan petugas kotbah nikah sudah hadir juga para saksi2 yang dihadirkan untuk menyaksikan upacara akhad nikah tersebut, juga memastikan sarana dan prasarana berupa meja dan bangku apabila dilakukan dengan duduk di kursi atau meja saja dan karpet apabila dilakukan dengan duduk tanpa kursi (lesehan) serta dekorasi akhad nikah yang telah dipersiapkan sebelumnya dan sound system di cek dalam kondisi yang baik.
Dengan agenda yang sudah ditentukan calon mempelai laki-laki sudah tiba sempurna waktu semua sudah siap para petugas2 yang ditunjuk sudah siap maka pengucapan akad nikah mampu dilaksanakan.
Sindur Manten Icha |
4. Pelaksanaan Panggih / Temu Manten
Prosesi ijab kabul telah dilaksanakan dan disahkan oleh para saksi dan penghulu dari KUA maka pasangan pengantin sudah dinyatakan resmi sebagai Suami - Istri, sesudah itu dilanjutkan acara panggih atau temu manten program tersebut dipandu oleh MC dan Perias dari Vendor NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.
Prosesi upacara panggih dimulai Pasrah sangan (pisang raja) yang dibawa oleh perwakilan keluarga mempelai pria diberikan kepada perwakilan keluarga mempelai putri.
Tukar kembang mayang (2 jejaka dari keluarga pengantin putra dan 2 gadis dari keluarga pengantin putri) kembang mayang yang dibawa oleh dua pasangan tersebut ditukar untuk lalu diletakkan di kanan kiri pelaminan.
Balangan gathal yaitu lempar sirih, pengantin putra diapit bapak2 dan pengantin putri diapit ibu2 setelah berjalan dengan jarak 2 langkah dari titik temu kedua pengantin saling lempar sirih.
Tidak tigan kedua pengantin melepaskan selop kemudian pengantin putri jongkok dan pengantin pria menginjak telur sampai pecah lalu pengantin putri membersihkan kaki dari pengantn pria, membersihkan kaki pengantin pria ini disebut juga sebagai Wijikan.
Sinduran : orangtua pengantin putri berdiri di depan kedua mempelai, kedua mempelai bergandengan sedangkan ajudan kedua mempelai memegang panggul bapak dan dibelakangnya ibu mempelai putri mengerudungi kedua mempelai dengan sindur sedang ujung2 dindur dipegang dipegang oleh bapak dan berjalan perlahan menuju pelaminan.
Tanem : Bapak mempelai putri mendudukkan kedua mempelai dengan cara menaruh asisten pada pundak mempelai putri dan tangan kiri pada pukdak mempelai putra dan menekan pengantin sampai duduk di pelaminan.
Kacar-kucur : Pengantin putra menuangkan guna kaya (biji-bijian dan uang logam) dari kantong tikar (tilam lampus) ke dalam kacu bangkit tulak yang dipegang dan ditaruh di pangkuan pengantin putri hingga habis, pengantin putri mengikat kacu bangkit tulak tersebut lalu diserahkan ke ibu pengantin putri untuk disimpan di kamar pengantin.
Dulangan/suapan : kedua pengantin makan nasi kuning dengan saling menyuapi masing2 3x suapan lalu saling memberi minum.
Mapag Besan : Bapak - Ibu mempelai putri selanjutnya menjemput kedua besan (bapak-ibu pengantin putra) menuju pelaminan bersama dengan kedua mempelai.
Sungkeman : keris mempelai putra diambil, kedua pengantin melepas selop (sandal) yang digunakan kemudian kedua pempelai sungkem kepada kedua orangtua mempelai putri maupun kedua orang bau tanah mempelai putra, apabila Eyang kedua mempelai masih ada dan rawuh (tiba) kedua mempelai lanjut sungkem kepada para Eyang, setelah sungkem keris disandangkan kembali dan selop digunakan kembali.
Bubak Kawah : program ini diselenggarakan apabila Orangtua mempelai gres mantu pertama dan pesertanya ini adalah ibu2 yang punya putri gadis dengan maksud semoga segera menyusul untuk punya mantu, pemikul bubak kawah ini ialah saudara terdekat pengantin putri yang laki-laki.
Jangan lupa untuk Dokumentasinya baik itu Foto dan Video keluarga pengantin putra dan putri serta panitia oleh vendor NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.
Resepsi Dede Cindy |
5. Pelaksanaan Resepi
Untuk program resepsi mampu diadakan eksklusif sesudah akhad nikah atau beberapa hari sesudah acara akhad nikah, sehabis tanggal dan hari telah ditentukan acara resepsi ini pertama yang dilakukan adalah loading Dekor di Gedung atau di Outdoor apabila program dilakukan diluar gedung.
Persiapan Make Up pengantin putri dan pengantin putra di rumah, make up kedua mempelai bersama keluarga, untuk make up ortu, besan, among tamu, buku tamu bridesmade dll mampu dilakukan di tempat program atau di rumah kalau memungkinkan.
Setelah make up final persiapan untuk berangkat ke kawasan acara, semua rombongan keluarga berangkat mengiringi kendaraan pengantin supaya lebih meriah,
Rombongan pengantin bersama orang bau tanah datang di lokasi acara lalu melakukan gladi higienis program resepsi bersama panitia among tamu lalu dilanjut sesion foto, pengantin besrta rombongan panitia foto bersama di depan gedung disertai pelepasan balon dan conveti dipandu oleh NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.
Persiapan resepsi inti kedua mempelai dan orangtua beserta para panitia bersiap di kawasan masing2, amongtamu siap di tempat masing2 juga buku tamu sudah ditempat masing2.
Prosesi pawai para jajaran Bridesmade berjajar memasuki area pelaminan diiringi musik akan tetapi apabila musiknya yakni gamelan jawa untuk bridesmade mampu diganti dengan cucuk lampah berpakaian adab jawa, setelah usai rombongan kedua mempelai orangtua besan, saudara2 kandung pengantin berjalan iring2an menuju pelaminan diiringi musik dari seksi hiburan.
Setelah berada di pelaminan perwakilan dari kedua keluarga untuk menunjukkan sambutan kepada para hadirin serta mengucapkan terimakasih atas kehadirannya, sesudah usai menawarkan sambutan para tamu dipersilakan memberikan ucapan selamat kepada kedua pengantin dan orangtua masing2 mempelai yang dilanjutkan dengan ramah tamah para tamu seruan.
Pihak dokumentasi sudah bersiap mulai dari kedatangan kedua mempelai sampai berlanjutnya program hingga dengan final.
Dihampir penghujung acara akan diadakan pelemparan bunga oleh kedua mempelai teruntuk rekan maupun saudara yang belum menikah, adapun memungkinkan pengantin menyediakan doorprice untuk program tersebut apabila didalam pelemparan bunga ada yang mendapatkan bunga tersebut.
Acara Selesai.....
0 Response to "Tata Upacara Ijab Kabul Budbahasa Jawa Oleh Neri Wedding Dan Event Organizer"
Post a Comment